'/> Bacaan Doa Sehabis Sholat Dhuha Lengkap Niat Tata Cara, Arab Latin

Info Populer 2022

Bacaan Doa Sehabis Sholat Dhuha Lengkap Niat Tata Cara, Arab Latin

Bacaan Doa Sehabis Sholat Dhuha Lengkap Niat Tata Cara, Arab Latin
Bacaan Doa Sehabis Sholat Dhuha Lengkap Niat Tata Cara, Arab Latin
Bacaan Doa Setelah Sholat Dhuha Lengkap Niat Tata Cara, Arab Latin - Di antara kesunnahan yang mempunyai diam-diam sangat mengagumkan yakni sholat dhuha, bagi kalangan umat muslim sholat ini sudah sangat di kenal bahkan mulai dari belum dewasa hingga orang cukup umur pun niscaya mengetahuinya, namun sayangnya hanya sebatas tahu saja tidak hingga pada hati untuk mengerjakannya, padahal jikalau tiruana menyadari bahwa dengan rutin bisa mengerjakan sholat sunat dhuha disertai lafadz bacaan doa setelah atau sehabis sholat dhuha maka berbahagialah baginya lantaran keberuntungan dalam aneka macam hal akan selalu menghampiri dia.

Pada halaman ini kami akan tuliskan secara khusus bacaan niat sholat sunat dhuha, tata cara sholat dhuha, keutamaan sholat sunnah dhuha dan yang paling utama kami tuliskan juga setidak ada yang kurangnya lafadz bacaan doa sholat dhuha tidak ada yang kurang dalam goresan pena arab, latin beserta artinya yang benar sesuai sunnah, lantaran mungkin diantara sahabat pembaca ada yang masih belum mengetahui akan ketidak ada yang kurangan niat tata cara ataupun doa sholat dhuha tersebut.

Memang tidak bisa di pungkiri, bahwa seseorang tidak akan memperringan dan sepele mengerjakan sesuatu apabila belum melihat karenanya dan itulah kebanyakan dari sifat orang-orang kini ini, namun bagi orang yang memberikanman dengan adanya perintah dan mengethui keutamaan dari hal tersebut saja akan eksklusif mengerjakannya secara rutin, lantaran dalam hatinya akan tumbuh rasa yakin bahwa tiruana yang di perintah allah dan rosulnya tidak ada yang tidak memberi manfaat tentu di dalamnya tersimpan diam-diam besar yang akan membawanya pada keselematan.

Bacaan Doa Setelah Sholat Dhuha Lengkap Niat Tata Cara Bacaan Doa Setelah Sholat Dhuha Lengkap Niat Tata Cara, Arab Latin

Untuk itu marilah kita kaji tiruana yang bersangkutan dengan doa sholat dhuha ini, supaya tidak lagi ada alasan belum faham tata cara, bagaimana bacaan surat-nya, tidak hafal doa setelahnya, tidak tahu jumlah rakaat shalat dhuha dan lain sebagainya. Bukan berarti memaksa, namun supaya menjadi sebuah motivasi serta memmemberikankan pemahaman bahwa sholat dhuha ini sangat penting dan mempunyai nasihat yang sangat tinggi terutama bagi kelancaran rezeki dan kememperringan dan sepelean dalam menjalani hidup, kesananya supaya senantiasa berada dalam rido allah swt.

Waktu Sholat Dhuha

Sholat dhuha ini di laksanakan pada waktu tertentu dalam arti tidak bebas di kerjakan kapan saja, tepatnya yaitu di mulai sehabis terbitnya matahari sepenggalah dalam arti 7 hasta semenjak terbitnya jikalau di hitung dalam jam kira-kira kurang ludang kecepeh jam 07:00. Sedangkan untuk simpulan atau batas terakhir dari waktu shalat dhuha ini yaitu sebelum masuknya atau datangnya waktu dhuhur, jikalau sudah masuk dhuhur maka tidak ada lagi sholat sunnah dhuha.

Jumlah Rakaat Shalat Dhuha

Mengenai jumlah rakaat dari sholat dhuha ini terjadi perbedaan pendapat di kalangan para ulama, jikalau berdasarkan imam Rofi'i dalam kitab Al Muharror dan Syarah Shogir paling sedikit 2 rakaat dan paling banyak 12 rakaat, sedangkan merurut imam nawawi dalam Syarah Al-Muhadzab yaitu hingga 8 rakaat, dari kedua pendapat tersebut ludang kecepeh di utamakan di lakukan dengan masing-masing 2 rakaat satu kali salam. Kita sebagai umat yang awam sebaiknya mengikuti para ulama saja yang ludang kecepeh tehu akan ilmunya, dan jadikan perbedaan tersebut sebagai nasihat bukan sebagai alasan untuk tidak mengerjakan, meskipun hanya bisa 2 rakaat atau 4 rakaat saja, lakukanlah.

Tata Cara Sholat Dhuha.


Sedangkan dalam panduan sholat dhuha ini sebetulnya sama dengan yang lainnya yaitu di awali takbirotul ikhram di akhiri salam serta ketika kedua tangan di angakat untuk takhbirotul ikhram didalam hati mengdatang kan atau membacakan niat sholat dhuha dan itu di lakukan setiap mulai rakaat, memberikankut niat setidak ada yang kurangnya.

Bacaan Niat Sholat Dhuha 2 Rakaat

اُصَلِّى سُنَّةَ الضَّحَى رَكْعَتَيْنِ ِللهِ تَعَالَى

Artinya : Aku sengaja sholat sunnah dhuha dua rakaat, lantaran Allah Ta'alaa.

USHOLLI SUNNATADH DHUHAA RaK'ATAINI LILLAAHI TA'AALA

Bacaan Niat Sholat Dhuha 4 Rakaat

اُصَلِّى سُنَّةَ الضَّحَى اَرْبَعَ رَكَعَاتٍ ِللهِ تَعَالَى

Artinya : Aku Sengaja Sholat Sunnah Dhuha Empat Rakaat Karena Allah Ta'alaa.

Usholli Sunnatadh dhuhaa arba'a rak'atin lillahi ta'alaa.

Bacaan Surat Sholat Dhuha

1. Pada rakaat pertama ludang kecepeh utama membaca surat surat Asy-Syams

2. Pada rakaat ke dua ludang kecepeh utama membaca surat Al-Lail

Setelah sholat dhuha selesai jangan pergi begitu saja tetapi di lanjut dengan membaca tasbih dan dzikir serta bacaan-bacaan lainnya yang kemudian di tutup dengan doa menyerupai di bawah ini.

Doa Setelah Sholat Dhuha

اَللهُمَّ اِنَّ الضُّحَآءَ ضُحَاءُكَ، وَالْبَهَاءَ بَهَاءُكَ، وَالْجَمَالَ جَمَالُكَ، وَالْقُوَّةَ قُوَّتُكَ، وَالْقُدْرَةَ قُدْرَتُكَ، وَالْعِصْمَةَ عِصْمَتُكَ. اَللهُمَّ اِنْ كَانَ رِزْقِى فِى السَّمَآءِ فَأَنْزِلْهُ وَاِنْ كَانَ فِى اْلاَرْضِ فَأَخْرِجْهُ وَاِنْ كَانَ مُعَسَّرًا فَيَسِّرْهُ وَاِنْ كَانَ حَرَامًا فَطَهِّرْهُ وَاِنْ كَانَ بَعِيْدًا فَقَرِّبْهُ بِحَقِّ ضُحَاءِكَ وَبَهَاءِكَ وَجَمَالِكَ وَقُوَّتِكَ وَقُدْرَتِكَ آتِنِىْ مَآاَتَيْتَ عِبَادَكَ الصَّالِحِيْنَ

Artinya : Wahai Tuhanku, kenyataannya ketika dhuha merupakan ketika dhuha-Mu, keagungan merupakan keterjamin -Mu, keindahan merupakan keindahan-Mu, kapabilitas merupakan kekuatan-Mu, penjagaan merupakan penjagaan-Mu, Wahai Tuhanku, seandainya rezekiku ada diatas langit jadi turunkanlah, seandainya ada didalam bumi jadi keluarkanlah, seandainya susah memperringan dan sepelekanlah, seandainya haram sucikanlah, seandainya jauh dekatkanlah dengan kebenaran dhuha-Mu, kekuasaan-Mu (Wahai Tuhanku), datangkanlah padaku apa yg Engkau datangkan terhadap hamba-hambaMu yg soleh .

ALLOHUMMA INNAD DHUHA,A DHUHA,UKA, WAL BAHAA,A BAHAA,UKA, WAL JAMAA,LA JAMAA,LUKA, WAL QUWWATA QUWWATUKA, WAL QUDROTA QUDROTUKA, WAL ISHMATA ISHMATUKA. ALLOHUMA INKAANA RIZQI FIS SAMMA,I FA ANZILHU, WA INKAANA FIL ARDI FA,AKHRIJHU, WA INKAANA MU’ASARAN FAYASSIRHU, WAINKAANA HAROOMAN FATHAHHIRHU, WA INKAANA BAA’IDAN FA QARIBHU, BIHAQQIDUHAA,IKA WA BAHAA,IKA, WA JAMAA,LIKA WA QUWWA,TIKA WA QUDRATIKA, AATINI MAA ATAITA ‘IBADIKASH SHOLIHIN.

Rahasia Dan Keutamaan Sholat Dhuha

Agar menjadi sebuah motivasi pada diri setiap orang untuk bisa selalu melakukan sholat sunnah dhuha, maka di sini akan kami ringkas di antara diam-diam dan manfaat dari sholat sunnah tersebut, yang mana niscaya akan di dapatkan bagi siapa saja yang bisa mengerjakannya secara nrimo dan rutin setiap hari.

1. Mendapat Ampunan Dosa
2. Akan mendapat pahala bagaikan ibadah umrah
3. Akan mendapat pahala di sore harinya
4. Di sediakan sebuah rumah indah nanti di surga
5. Bisa mendapat laba atau ghanimah yang sangat besar
6. Akan menjadi sedekah bagi seluruh persendian tubuh

Semua keutamaan di atas terdapat dalam hadist-hadist rosul, sehingga yakin kebeadaannya dan niscaya di dapatkannya bagi orang yang bisa mngerjakannya secara dawan atau terus menerus. Hidup dunia hanya beberapa tahun saja, bahkan umumnya umur insan hingga 60 tahun, apabila umur kita sudah mencapai 30 maka paling usang berada di dunia ini 30 ahun lagi, apabila telah 45 maka tinggal 15 tahun lagi, sementara dai tahun ke tahun terasa begitu cepat, perasaan gres kemarin bulan ramadhan kini sudah tiba lagi. Maka dari itu jangan sia-siakan waktu hanya untuk hal yang tidak memberi manfaat lantaran hanya satu bekal yang akan di bawa ke alam qubur yaitu amal kita selama di dunia. Jangan pernah berpikir kita akan hidup ludang kecepeh usang dari itu mungkin 3 atau 4 hari kedepan pun kita sudah tidak ada, 1 dari 10000 orang yang mempunyai umur ludang kecepeh dari 60 tahun, hal ini bisa di cermati di sekitar kita.

Bukan berarti kami bisa mngetahui jumlah umur seseorang namun setidaknya dengan adanya kisah tersebut, akan ludang kecepeh mengingatkan kita, apa tujuan utama berada di dunia ini, dan kemana, kepada siapa kita akan kembali, semoga ini menjadi sebuah perhatian baik untuk kita tiruana serta bisa di manfaatkan dengan baik.

Mohon maaf atas segala kekurangan, keslahan yang terjadi itulah yakni dari kebodohan kami, meskipun begitu memperringan dan sepele-memperringan dan sepelean pembahasan yang berkaitan dengan tata cara niat dan doa setelah sholat dhuha serta diam-diam dan keutamaannya ini menjadi sebuah pengetahun yang memberi manfaat bagi kita tiruana, dan semoga kita berada dalam lindungan allah swt, serta khusnul khotimah dalam segala hal, amin.
Advertisement

Iklan Sidebar