'/> Bacaan Niat Dan Doa Sholat Istikhoroh Lengkap Arab Latin Tata Caranya

Info Populer 2022

Bacaan Niat Dan Doa Sholat Istikhoroh Lengkap Arab Latin Tata Caranya

Bacaan Niat Dan Doa Sholat Istikhoroh Lengkap Arab Latin Tata Caranya
Bacaan Niat Dan Doa Sholat Istikhoroh Lengkap Arab Latin Tata Caranya
Shalat istikharah ialah salah satu sholat sunnat yang di laksanakan secara khusus kadab kita berada dalam keadaan galau atau bimbang untuk menentukan suatu pilihan umpamanya dalam menentukan jodoh, galau untuk menentukan suatu pekerjaan atau dalam penentuan apa saja yang baik dan meminta yang bermaslahat maka segeralah ambil air wudhu minta petunjuk kepada Allah SWT. kemudian laksanakanlah shalat istikharah.

Kemudian untuk pengertian istikhoroh bahasa istikharah sendiri berasal dari bahasa arab yang artinya (memilih), hal tersebut sering terjadi kepada kita maka dari itu kita terludang keringh lampau meminta petunjuk kepada Al Hadii artinya yang maha memdiberikan petunjuk, kita meminta petunjuk untuk menentukan pilihan sesuatu dari beberapa hal yang akan kita ambil dari salahsatunya yang terdapat keraguan dalam hati untuk menentukan pilihannya maka segeralah meminta petunjuk dengan melakukan sholat sunnah istikhoroh.

Namun tidak juga demikian, melakukan shalat istikharah semata-mata kita berbakti, mengabdi diberibadah kepada Alloh SWT, maka dari itu niatkanlah dengan hati yang tulus alasannya ialah Alloh, selain kita berhajat / berkeperluanpun selagi sanggup sempatkanlah untuk melakukan sholat istikhoroh supaya jadi terbiasa istiqomah dalam mengerjakan sholat sunnah sebagaimana kita melakukan sholat sunnah lainnya.

Shalat istikharah ialah salah satu sholat sunnat yang di laksanakan secara khusus kadab  Bacaan Niat dan Doa Sholat istikhoroh Lengkap Arab Latin Tata Caranya

Ada banyak keistimewaan dan keutamaan dari melakukan amaliyah shalat sunnah istikhoroh diantaranya ada sebuah hadits sabda Nabi Muhammad SAW yang artinya "Jika salah seorang diantara kalian berniat dalam suatu urusan maka lakukanlah Shalat Sunah dua raka'at yang bukan shalat wajib, kemudian berdoalah meminta kepada Allah" (HR. Al-Bukhari).

Dalam pengaplikasian shalat istikharah pertama wmengenai waktunya, untuk waktu melakukan sholat istikhoroh boleh di laksanakan kapan saja baik siang ataupun malam, namun yang ludang keringh utama yaitu dilaksanakan pada malam hari di pertengahan malam biar suasananya ludang keringh khusyu, kemudian untuk jumlah rakaat dalam mengerjakan sholat istikhoroh yaitu dua rakaat sebagaimana kita melaksanakn shalat sunnah lainnya.

Dan untuk tata caranya sama sbagaimana melakukan sholat sunnah pada umumnya yakni :
- Mengucapkan niat dan menanamkannya di dalam hati alasannya ialah daerah niat yang sesungguhnya yaitu di dalam hati
- Mengucapkan takbir (Allahu Akbar) dengan mengangkat kedua tangan
- Membaca Surat Al-Fatihah di rakaat pertama
- Ruku', sujud dan bacaanya menyerupai shalat pada umumnya
- Kemudian pada rakaat kedua membaca Al-Fatihah, kemudian membaca surat Al-Ikhlas satu kali.
- apabila tidak hafal bacaan tersebut dibolehkan membaca surah yang lainnya.
- kemudian Ruku, dan sujud bacaannya menyerupai shalat pada umumnya.
- Uluk Salam.

Berikut di bawah ini akan kami tuliskan untuk bacaan niat sholat istikharah dan juga bacaan doa sehabis melakukan sholat istikhoroh komplit dengan goresan pena arab, goresan pena latin dan artinya.

Bacaan Niat shalat Istikharah Lengkap :

اُصَلِّى سُنَّةَ اْلاِسْتِخَارَةِ رَكْعَتَيْنِ ِللهِ تَعَالَى

USHOLLII SUNNATAL ISTIKHAARATI RAK'ATAINI LILLAAHI TA'AALA
Artinya :
"Saya berniat shalat sunnat Istikharah dua rakaat alasannya ialah Allah Ta’ala"

Bacaan Doa Sholat Istikharoh :

اَللهُمَّ اِنِّى اَسْتَخِيْرُكَ بِعِلْمِكَ وَاَسْتَقْدِرُكَ بِقُدْرَتِكَ وَاَسْئَلُكَ مِنْ فَضْلِكَ الْعَظِيْمِ. فَاِنَّكَ تَقْدِرُ وَلَآاَقْدِرُ وَلَآاَعْلَمُ وَاَنْتَ عَلاَّمُ الْغُيُوْبِ. اَللهُمَّ اِنْ كُنْتَ تَعْلَمُ اَنَّ هذَااْلاَمْرَخَيْرٌلِّىْ فِىْ دِيْنِىْ وَمَعَاشِىْ فَاقْدُرْهُ لِىْ وَيَسِّرْهُ لِىْ ثُمَّ بَارِكْ لِىْ فِيْهِ وَاِنْ كُنْتَ تَعْلَمُ اَنَّ هذَااْلاَمْرَشَرٌّلِّىْ فِىْ دِيْنِىْ وَمَعَاشِىْ وَعَاقِبَةِ اَمْرِىْ وَعَاجِلِهِ وَآجِلِهِ فَاصْرِفْهُ عَنِّىْ وَاصْرِفْنِيْ عَنْهُ وَاقْدُرْلِى الْخَيْرَحَيْثُ كَانَ ثُمَّ رَضِّنِىْ بِهِ.

ALLOOHUMMA INNI ASTAKHIIRUKA BI'ILMIKA WA ASTAQDIRUKA BIQUDROTIKA WA AS ALUKA MIN FADHLIKAL 'ADZHIIMI. FAINNAKA TAQDIRU WALAA AQDIRU WALAA A'LAMU WA ANTA 'AL-LAAMULGHUYUUBI. ALLOOHUMMA INKUNTA TA'LAMU ANNA HAADZAL AMRO KHOIRUN LII FII DIINII WAMA'AASYII FAQDURHU LII WA YASSIRHU LII TSUMMA BAARIKLII FIIHI WA INKUNTA TA'LAMU ANNA HAADZAL AMRO SYARRUN LII FII DIINII WA MA'AASYII WA 'AAQIBATI AMRII WA 'AAJILIHI FASHRIFHU 'ANNII WASHRIFNII 'ANHU WAQDURLIL KHOIRO HAITSU KAANA TSUMMA RODH-DHINII BIHI.

Artinya :
Wahai Allah, bekerjsama saya mohon pilihan olehMu dengan ilmu-Mu, dan mohon kepastian-Mu dengan kekuasaan-Mu, serta mohon kepada-Mu dari anugerah-Mu Yang Maha Agung, alasannya ialah Engkaulah Dzat yang berkuasa, sedang saya tiada kuasa, dan Engkaulah Dzat Yang Maha Mengetahui, sedang saya tiada mengetahui, dan Engkaulah Dzat yang mengetahui yang ghoib. Wahai Allah, kalau adanya, Engkau ketahui bahwa urusan ini ........ ialah baik bagiku, untuk duniaku, akhiratku, penghidupanku, dan tanggapan urusanku untuk masa kini maupun besoknya, maka kuasakanlah bagiku dan pergampangkanlah untukku, kemudian berkahilah dalam urusan itu bagiku. Namun jikalau adanya, Engkau ketahui bahwa urusan itu ......... menjadi jelek bagiku, untuk duniaku, akhiratku, penghidupanku, dan kesudahannya persoalanku pada masa kini maupun besoknya, maka hindarkanlah saya dari padanya, kemudian tetapkanlah bagiku kepada kebaikan, bagaimanapun adanya kemudian ridhoilah saya dengan kebaikan itu.

Semoga Allah SWT senantiasa selalu memdiberikan petunjuk dan jalan terbaik kepada hamba-hambanya yang diberiman amin, dan itulah tadi sedikit pembahasan mengenai sholat istikhoroh semoga apa yang kami sampaikan diatas tadi sanggup berguna mohon maaf dari segala kekurangannya sekian dan terimakasih telah mengunjungi situs blog kami.
Advertisement

Iklan Sidebar