'/> Tata Cara Sholat Tahajud Yang Benar Bacaan Niat Dan Doa Setelahnya

Info Populer 2022

Tata Cara Sholat Tahajud Yang Benar Bacaan Niat Dan Doa Setelahnya

Tata Cara Sholat Tahajud Yang Benar Bacaan Niat Dan Doa Setelahnya
Tata Cara Sholat Tahajud Yang Benar Bacaan Niat Dan Doa Setelahnya
Tata Cara Sholat Tahajud Yang Benar Bacaan Niat Dan Doa Setelahnya - Keajaiban yang sangat istimewa akan didapat bagi siapapun yang sanggup istiqomah atau terus menerus secara rutin sanggup melaksanakan sholat malam kadab orang-orang tidur yang di sebut dengan tahajud. Bukan hanya bicara semata namun hal ini telah di janjikan oleh allah swt yang tertera dalam beberapa ayat al-qur'an dan hadist nabi saw bahkan dalam satu ayat surat al-isra ayat 79 di nyatakan barang siapa di tengah malam melaksanakan sholat semata-mata ibadah, allah swt akan mengangkat drajat kepada yang ludang keringh tinggi.

Kaya dan senang dengan tahajud akan menjadi sebuah hal yang niscaya di dapatkan oleh orang yang senantiasa selama hidupnya melaksanakan sholat sunnah ini. Hal tersebut bukanlah sekedar ungkapan semata tetapi menjadi bukti yang sudah nyata, bagaimana tidak, orang taat terhadap perintah allah dan rosulnya maka kebahagiaan dan keberkahan rezeki selalu menghampirinya. Bahkan sanggup di buktikan secara dohir, banyak orang yang sukses hidupnya, jauh dari kudang keringngungan, serta selalu nampak cerah wajahnya sehabis mereka mendawamkan sholat tahajud.

Kapan waktu sholat tahajud ini di kerjakan?. Adalah di waktu sepertiga malam atau kira-kira pukul setengah 12 sampai pukul 3, dan itulah sebaik-baiknya dikala untuk diberibadah. Jika di cermati secara logika bagaimana tidak waktu tersebut sangat, bukan hanya untuk diberibadah tetapi bila kita melaksanakan hal lain contohnya mencar ilmu atau mengerjakan sesuatu akan simpel di pahami lantaran pada sepertiga malam tersebut konsentrasi hati dan pikiran akan ludang keringh konsentrasi, alasannya tidak adanya hal yang mengaggu baik dari suara-suara kendaraan atau acara lainnya.

Tata Cara Sholat Tahajud Yang Benar Bacaan Niat Dan Doa Setelahnya Tata Cara Sholat Tahajud Yang Benar Bacaan Niat Dan Doa Setelahnya

Mungkin di antara kita ada yang bertanya "sholat tahajud berapa rakaat?. Jawabannya ialah minimal 2, 4, 12 rakaat sampai tak terhitung dengan masing 1x salam 2 rakaat. Tetapi untuk mengerjakannya ada syarat yang mesti di kerjakan terludang keringh lampau ialah tidur, bagi siapa saja yang hendak melaksanakan kesunnahan ini di tuntut untu tidur terludang keringh lampau. Bagaimana bila sholat tahajud tanpa tidur, maka termasuk pada qiyamullail" (sholat malam).

Tata Cara Sholat Tahajud

Dalam pengaplikasian tahajud ini tidak ada perbedaan dengan sholat pada umumnya menyerupai hajat atau sholat wajib termasuk bacaan, gerakan dan syarat rukunnya sampai pembatalannya, Yaitu di antaranya bagi yang akan melakukannya di haruskan untuk berwudhu terludang keringh lampau.

Niat Sholat Tahajud

اُصَلِّى سُنَّةً التَّهَجُّدِ رَكْعَتَيْنِ مُسْتَقْبِلَ الْقِبْلَةِ ِللهِ تَعَالَى

Usholli sunnatat-tahajudi rok'ataini mustaqhbilal qiblati lillahi ta'aalaa.

1. Takhbirotul ikhram

Niat di atas di ucapkan atau di munculkan di dalam hari kadab melakuka takhbirotul ikhram, pembacaan sebelum takhbir hukumnya sunat serta cukup di dalam hati.

2. Membaca doa iftitah (kesunnahan pada sholat)

3. Membaca surat Al-Fatihah

4. Membaca salah satu surat pendek dari al-qur'an menyerupai annas, al-falq dan al-ikhlas

Untuk selanjutnya sama menyerupai pada umumnya yang kemudian pada rakaat kedua di akhiri dengan salam.

Setelah selesai mengerjakan tahajud eksklusif di tutup dengan memperbanyak bacaan dzikir, istighfar, sholawat dan lain sebagainya, yang kemudian di lanjut dengan membaca doa sehabis sholat tahajud yang bacaannya sebagai diberikut.

اَللهُمَّ لَكَ الْحَمْدُ اَنْتَ قَيِّمُ السَّمَوَاتِ وَاْلاَرْضِ وَمَنْ فِيْهِنَّ. وَلَكَ الْحَمْدُ اَنْتَ مَالِكُ السَّمَوَاتِ واْلاَرْضِ وَمَنْ فِيْهِنَّ. وَلَكَ الْحَمْدُ اَنْتَ نُوْرُ السَّمَوَاتِ وَاْلاَرْضِ وَمَنْ فِيْهِنَّ. وَلَكَ الْحَمْدُ اَنْتَ الْحَقُّ وَوَعْدُكَ الْحَقُّ وَلِقَاءُكَ حَقٌّ وَقَوْلُكَ حَقٌّ وَالْجَنَّةُ حَقٌّ وَالنَّارُ حَقٌّ وَالنَّبِيُّوْنَ حَقٌّ مُحَمَّدٌ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ حَقٌّ وَالسَّاعَةُ حَقٌّ. اَللهُمَّ لَكَ اَسْلَمْتُ وَبِكَ اَمَنْتُ وَعَلَيْكَ تَوَكَّلْتُ وَاِلَيْكَ اَنَبْتُ وَبِكَ خَاصَمْتُ وَاِلَيْكَ حَاكَمْتُ فَاغْفِرْلِيْ مَاقَدَّمْتُ وَمَا اَخَّرْتُ وَمَا اَسْرَرْتُ وَمَا اَعْلَنْتُ وَمَا اَنْتَ اَعْلَمُ بِهِ مِنِّيْ. اَنْتَ الْمُقَدِّمُ وَاَنْتَ الْمُؤَخِّرُ لاَاِلَهَ اِلاَّ اَنْتَ. وَلاَ حَوْلَ وَلاَ قُوَّةَ اِلاَّ بِاللهِ


Artinya : Wahai Allah! Milik-Mu lah tiruana puji. Engkaulah penegak serta pengurus langit serta bumi dan makhluk yg ada di dalamnya. Milik-Mu lah tiruana puji. Engkaulah penguasa (raja) langit serta bumi dan makhluk yg ada di dalamnya. Milik-Mu lah tiruana puji. Engkaulah sinar langit serta bumi dan makhluk yg ada di dalamnya. Milik-Mu lah tiruana puji. Engkaulah Yg Hak (benar), janji-Mu lah yg benar, pertemuan dengan-Mu merupakan benar, perkataan-Mu benar, nirwana itu benar (ada), neraka itu benar (ada), banyak nabi itu benar, Nabi Muhammad saw itu benar, serta hari final zaman itu benar (ada). Wahai Allah! Cuma kepada-Mu lah saya berserah diri, cuma kepada-Mu lah saya diberiman, cuma kepada-Mu lah saya bertawakkal cuma kepada-Mu lah saya kembali, cuma dehgan-Mu lah kuhadapi musuhku, serta cuma kepada-Mu lah saya berhukum. Oleh alasannya itu ampunilah tiruana dosaku, yg udah kulakukan serta yg (kemungkinan) sanggup kulakukan, yg kurahasiakan serta yg kulakukan dengan cara terang-terangan, serta dosa-dosa yang lain yg Engkau ludang keringh tahu ketidak seimbang saya. Engkaulah Yg Maha Terlampau serta Engkaulah Yg Maha Paling akhir. ga ada Tuhan tidak hanya Engkau, serta ga ada daya perjuangan serta kapabilitas terkecuali dengan pinjaman Allah.

Sebaiknya bukan hanya melaksanakan sholat tahajud saja namun di anjurkan juga dengan sholat witir 3 rakaat setelahnya. Adapun untuk macam-macam sholat malam selain tahajud menyerupai sholat hajat, witir, tasbih, dan sunnah mutlak tergantung niat mau melaksanakan sholat yang mana.

Hanya itu saja pembahasan yang berkaitan dengan tata cara sholat tahajud yang benar bacaan niat dan doa setelahnya gampang-gampangan sanggup di mengerti serta di amalkan secara istiqomah, terakhir mohon maaf apabila ada kesalahan-kesalahan baik dalam pembahasan, penulisan atau ada kata-kata kurang berkenen, itu tiruana dari kebodohan kami.
Advertisement

Iklan Sidebar