'/> Modal Dasar Guru Profesional

Info Populer 2022

Modal Dasar Guru Profesional

Modal Dasar Guru Profesional
Modal Dasar Guru Profesional
Modal Dasar Guru Profesional

Guru Merupakan sosok yang digugu dan ditiru sebagai identitas yang menempel pada profesinya melambangkan suatu pekerjaan yang mulia dan diagungkan dengan didasari kemampuan (ability ) kerja yang tinggi dan kesungguhan hati untuk mengerjakan profesi dengan sebaik-baiknya. Kemampuan yang dimaksud menyangkut kemampuan
  • INTELEKTUAL
  • EMOSIAONAL
  • SPIRITUAL
Kemampuan intelektual akan menunjukkan arah kepada guru untuk menempatkan dirinya sebagai sosok yang mempunyai daya tarik bagi penerima didik.Oleh alasannya yakni itu , Guru seharusnya selalu berusaha membuatkan kemampuannya supaya menemukan kreasi dan inovasinya dalam mengajar,Mendidik,Membimbing,Mengarahkan ,Melatih , Menilai dan Mengevaluasi penerima didik
Guru Merupakan sosok yang digugu dan ditiru sebagai identitas yang menempel pada profesinya MODAL DASAR GURU PROFESIONAL
MODAL DASAR GURU PROFESIONAL
Kemampuan Emosional akan membimbing guru untuk memahami perasaan penerima didik dengan baik yang diadaptasi dengan tingkat kemampuan dan usianya yang didasari oleh sikap kesabaran dan bijaksana , sedangkan kemampuan Spiritual merupakan watu pijakan yang kokoh untuk menjadi seorang Guru yang Profesional yang dilandasi oleh nilai-nilai keimanan dan ketakwaan .
Ketiga kemampuan tersebut akan menjadi kunci utama bagi guru untuk mengakibatkan dirinya sebagai sosok yang di gudu dan di tiru , Untuk itu , Kemampuan yang menempel pada jati diri Guru sebagai modal dasar ini perlu dikembangkan kedalam nilai-nilai aplikatif .
Nilai-nilai Aplikatif sebagai modal dasar yang yang dimaksud  :
memiliki kemampuan berkomunikasi merupakan hal yang cukup penting . Banyak guru dalam mengajar tidak terfokus pada apa yang diajarkan alasannya yakni kurangnya dalam berkomunikasi yang didasari oleh Prinsip-prinsip dan asumsi- perkiraan yang benar dari substansi metri pembelajaran .

Asumsi-asumsi Tersebut merupakan serangkaian perkiraan yang dibangun ,sehingga membentuk contoh dalam melihat prilaku dan penilaian dalam berkomunikasi , Diantaranya
  1. Hormati cara penerima dalam membentuk dunianya yang akan melatarbelakangi setiap prilakunya, Untuk mengubahnya supaya prilakunya sesuai dengan keinginan , maka guru harus mencari seni administrasi yang sesuai untuk mengubah contoh prilakunya 
  2. Selalu ada maksud baik dari setiap tingkah laris yang diperankan oleh penerima didik  Misalnya " Ketika penerima didik mengambarkan tingkah laris yang sudah diatur , mungkin beliau sedang merespon dan ingin memberitahu perihal kebosanannya dari cara guru mengajar dan meminta kepada kita untuk mengubah startegi dalam  mengajar
  3. Tidak ada penerima didik yang kaku , hanya kitalah yang kurang fleksibel , artinya kita kurang memahami sikap penerima didik yang sesuai dengan harapan
  4. makna komnukasi yakni respon yang kita ,jika dalam berkomunikasi dan memperoleh respon yang tidak diharapakn , kita saatnya mencari cara lain untuk menerima respon yang diinginkan
Kesabaran seorang guru harus bisa berfikir cukup umur dan sabar dalam menghadapi aneka macam hambatan dan dilema dalam melakukan tugasnya , Bersambung ...............


Thank you for visiting, good luck for you all...
Advertisement

Iklan Sidebar